Beragam Manfaat Buah Pepaya


Manfaat Buah Pepaya
Pepaya atau Carica Papaya L, merupakan jenis buah yang kabarnya berasal dari daratan Meksiko tepatnya di bagian utara dan selatan Amerika Selatan. Meski berasal dari negeri nun jauh, saat ini persebaran tumbuh pepaya telah merata di seluruh dunia termasuk Indonesia. Di negara kita, pepaya juga dikenal dengan nama Betik, suku Jawa menyebutnya Kates sedangkan Sunda mengenalnya dengan nama Gedang. Pepaya, di beberapa daerah dikultuskan sebagai buah mistis terkait aroma buahnya. Tetapi di belahan dunia lainnya pula, buah pepaya telah lekat sebagai pelengkap cuci mulut setelah bersantap berat. Di Indonesia sendiri, buah pepaya sangat populer, harganya cukup murah dan mudah dijumpai di mana-mana. Tahukah Anda, di balik harganya yang murah dan rasanya yang nikmat, ada beragam manfaat buah pepaya yang tersembunyi? Dan tak hanya tersimpan di daging buahnya saja, manfaat pepaya juga ada pada kulit, biji dan bahkan getahnya! Wow. Tak percaya? Berikut uraian lengkapnya untuk Anda simak.

Buah Nikmat Yang Bermanfaat

Bagian daging buah pepaya yang telah matang, sejak lama dikenal sebagai buah pelancar buang air besar.  Memang, buah pepaya mengandung fiber atau serat alami yang bisa melancarkan pembuangan. Selain itu, buah pepaya yang telah matang juga baik digunakan sebagai buah tambahan bagi mereka yang sedang menjalani diet, sebab kandungan kalorinya rendah. Buah pepaya juga dikenal mampu membantu proses pemulihan kulit yang radang atau cedera. Tak berhenti sampai di situ, buah pepaya matang juga dikenal memiliki senyawa yang bersifat anti-inflamasi dan anti-kanker sehingga baik untuk mencegah penyakit kronis. Untuk kesehatan rambut, penggunaan masker pepaya dikenal mampu mengusir ketombe.

Manfaat buah pepaya lainnya adalah untuk memperindah bentuk payudara wanita. Sebab kandungan senyawanya mampu mengencangkan oto-otot halus di sekitar payudara. Bagi ibu menyusui, pepaya dikenal mampu melepaskan suatu hormon yang merangsang kelenjar susu agar lebih produktif. Selain itu, konsumsi buah pepaya matang juga dikenal bisa mempercantik kulit sebab kandungan vitamin C-nya 48 kali lebih tinggi ketimbang buah apel! Wow

Tak hanya buah pepaya matang yang memiliki beragam manfaat. Sebab, berdasarkan uji klinis, buah pepaya muda justru memiliki kandungan enzim yang dua kali lebih tinggi ketimbang pepaya matang. Dengan konsumsi yang rutin, papaya muda akan membuat tubuh Anda jauh lebih langsing sebab enzim pada pepaya muda bekerja secara efektif untuk mengurangi kandungan lemak pada tubuh. Ingin kurus? Sering-sering makan buah pepaya muda.

Tak hanya buah, getah pepaya yang bisa dijumpai pada kulit buah dan juga batang pohon, juga dikenal memiliki manfaat yang unik.  Getah pepaya mengandung senyawa bernama papain. Senyawa ini sangat ampuh melunakkan daging. Karena itu, tidak heran jika getah pepaya sering digunakan untuk mengobati telapak kaki yang pecah-pecah karena kering. Selain fungsi melunakkan, getah pepaya juga memiliki sifat antitumor atau kanker. Namun hal tersebut masih dalam penelitian lanjutan.

Cara Mengkonsumsi Buah Pepaya


Mencermati manfaat buah pepaya yang sangat beragam, tentu pilihan yang cerdas jika Anda memasukkannya dalam daftar konsumsi harian keluarga. Pada dasarnya buah pepaya matang bisa dinikmati langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Namun, ada beberapa orang yang lebih senang mengolah pepaya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Pepaya matang sering dijadikan buah pelengkap dalam kuliner Es Campur, diolah menjadi segelas jus nikmat, dijadikan bahan utama cake, agar-agar, jelly dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan buah pepaya muda, biasanya diolah menjadi sayur nikmat. Rasanya yang khas, berpadu dengan bumbu tertentu, akan membuat lidah Anda ketagihan.