Tips Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya

Gambar Daun Pepaya
Buah pepaya telah lama dikenal meiliki beragam manfaat bagi manusia. Buah dengan warna cerah dan rasa yang khas ini keberadaannya cukup melimpah dan bisa dinikmati hanya dengan membayar biaya yang relatif murah. Di masyarakat, buah pepaya cukup populer ketimbang daun atau bunganya. Padahal, berdasarkan penelitian lanjutan ditemukan fakta bahwa konsumsi daun pepaya juga bunga pepaya sangat baik bagi kesehatan manusia. Daun dan bunga pepaya diketahui mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki efek bagi tubuh. Sayangnya sensasi rasa pahit terutama pada daun pepaya membuat khasiatnya yang luar biasa terabaikan. Padahal dengan sedikit usaha, Anda bisa mengusir sensasi pahit pada daun pepaya. Ingin tahu? Berikut cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Dari Garam Hingga Tanah Liat
Daun pepaya biasanya dikonsumsi dalam bentuk urap, lalapan dan juga tumisan. Sebelum diolah menjadi kuliner nikmat dan sehat, daun pepaya diracik sedemikian rupa untuk mengurangi sensasi rasa pahitnya yang bagi beberapa orang bisa mengurangi kelezatan kuliner berbahan utama daun pepaya. Tips mengurangi rasa pahit tersebut cukup beragam, antara lain:
  1. Rebus daun pepaya yang hendak diolah dengan beberapa lembar daun jambu biji. Rebus sampai air mendidih. Kemudian tiriskan. Selanjutnya, bersihkan daun pepaya dengan air matang dan kembali rebus hingga matang sempurna.
  2. Cara selanjutnya adalah dengan merebus daun pepaya dengan beberapa lembar daun mente. Caranya sama seperti daun jambu di atas. Selain daun jambu biji dan jambu mente, rasa pahit daun pepaya juga bisa diusir dengan menggunakan daun singkong.
  3. Cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya selanjutnya adalah dengan meremas daun pepaya dan direbus dengan air garam hingga layu. Setelah itu cuci dan rebus lagi dengan air bersih sampai matang sempurna kemudian diolah.
  4. Cara lainnya adalah dengan merebus daun pepaya dengan tanah liat atau lempung. Setelah daun layu dan empuk, pisahkan pepaya dan tanah liat. Caranya, cuci dengan air bersih sampai tanah liat benar-benar hilang dari daun pepaya.
Cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya terbilang cukup mudah. Tetapi, yang pasti Anda tetap harus jeli. Pada intinya, setelah perebusan pertama yang dimaksudkan untuk menghilangkan rasa pahit, daun pepaya harus dicuci sampai bersih sempurna baru kemudian diolah. Selamat mencoba!