Sejuta Manfaat Pepaya Muda Bagi Kesehatan

Manfaat Pepaya Muda
Pepaya merupakan salah satu tanaman multiguna. Hampir semua bagiannya bisa digunakan. Mulai dari daun, bunga, buah (baik itu muda dan matang) sampai getah sekalipun. Namun jika didasarkan pada angka statistik, tentu bagian yang paling banyak digunakan adalah buah. Buah yang mana? Tentu buah yang matang sebab rasanya memang segar, manis dan nikmat. Bagaimana dengan buah pepaya muda? Konsumsinya masih di bawah pepaya matang sebab rasanya memang pahit dan pekat. Meski demikian, manfaat pepaya muda ini sangat beragam!

Buah pepaya muda atau yang mengkal memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah pepaya yang telah matang. Kabarnya, enzim papainnya dua kali lipat lebih besar. Karena itu, manfaat pepaya muda ini untuk mengatasi beberapa keluhan penyakit cukup ampuh. Namun, bagi wanita yang sedang mengandung, dilarang keras mengkonsumsi buah yang masih muda sebab kandungan senyawa di dalamnya memiliki efek menggugurkan kandungan. Di Peru juga Papua Nugini, pepaya muda bahkan telah lama dikenal sebagai alat kontrasepsi alamiah.


Selain sebagai alat kontrasepsi, pepaya muda juga bisa mengatasi beberapa keluhan. Berikut kami sajikan cara mengolah pepaya muda untuk dijadikan obat:

Untu Mengatasi Darah Menstruasi Yang Berlebihan

Ambil pepaya muda sebanyak 200 gram dan rebus bersama bagian rimpang teratai sebanyak 100 gram. Gunakan air sebanyak 500 cc. Terus resbus hingga susut setengahnya menjadi 300 cc saja. Angkat dan dinginkan. selanjutnya minum air rebusan tadi. Jangan buang ampasnya, sebab ia juga harus dikonsumsi.

Untuk Menanggulangi Kapalan Luka, Panu dll

Ambil pepaya yang masih muda. Belah dan ambil getahnya. Kemudian dengan cotton bud, ambil dan oleskan pada bagian yang hendak Anda obati. Lakukan secara rutin setiap hari agar hasilnya maksimal. Selain getah, pepaya muda tersebut juga bisa diblender dan diambil airnya. Air tersebut dioleskan pada bagian yang bermasalah secara rutin.

Untuk Melancarkan ASI

SIapkan pepaya muda yang masih hijau. Jangan buang kulitnya. Belah menjadi dua bagian dan rebus bagian pertama dengan air dan bagian kedua dengan cuka. Air rebusan tersebut dicampur dan diminum sebanyak 2 hingga 3 sendok teh per harinya.

Untuk Mengobati Penyakit Maag

Ambil pepaya yang masih muda dengan ukuran sedang. Kemudian pada bagian tengahnya dibuat lubang untuk memasukkan gula batu secukupnya. Setelah gula masuk, tutup rapat lubang yang dibuat tadi dan selanjutnya di kukus hingga pepaya matang. Angkat dan dinginkan. Bagi ke dalam 3 bagian dan konsumsi di pagi-siang-malam hari.

Resep Kari Pepaya Muda


Manfaat pepaya muda tak hanya untuk mengatasi berbagai keluhan tetapi juga baik unduk diolah menjadi kuliner nikmat dan menyehatkan. Salah satunya adalah Kari Pepaya Muda. Berikut resepnya kami berikan untuk Anda.

Siapkan Bahan-bahan berupa:
  1. Pepaya muda yang telah dikupas sebanyak 200 gram. Cuci bersih dan kemudian potong dengan ukuran memanjang.
  2. Udang kupas sebanyak 150 gram.
  3. Daun melinjo muda sebanyak 100 gram.
  4. Ebi besar sebanyak 1 sendok makan.Bersihkan dan rendam dengan air yang panas. Setelah itu tumbuk kasar dan kemudian disangrai.
  5. Bawang merah sebanyak 8 siung. Iris tipis.
  6. Bawang putih sebanyak 4 siung. Iris tipis.
  7. Bawang goreng sebanyak 2 sendok untuk taburan.
  8. Bumbu kari basah sebanyak 2 sendok makan. Beli yang instan.
  9. Santan sebanyak 1 liter dari 1 buah kelapa.
  10. Minyak sayur sebanyak 2 sendok makan
  11. Garam sebanyak 1 sendok teh.
Cara membuat kari pepaya muda:
  1. Pepaya yang telah dipotong tipis memanjang ditaburi dengan garam. Remas pepaya tersebut hingga menjadi layu. Kemudian, bersihkan dengan air agar garamnya hilang. Tiriskan.
  2. Panaskan minyak di wajan dan masukkan potongan bawang merah juga bawang putih. Aduk terus hingga layu dan juga wangi. Masukkan bumbu kari instan dan kembali aduk.
  3. Masukkan udang yang telah dibersihkan. Aduk hingga warnanya berubah. Setelah itu, angkat semua tumisan dari wajan dan masukkan dalam panci.
  4. Selanjutnya masukkan santan dalam tumisan yang telah ada di dalam panci. Panaskan api dan masak hingga santan mendidih.
  5. Masukkan daun melinjo dan pepaya muda. Masak hingga layu. Tambahkan penyedap seperti garam sesuai selera. Setelah masak, angkat dan sajikan. Sentuhan akhir, taburi dengan ebi dan juga bawang goreng. 
Demikian manfaat pepaya muda yang kami sajikan. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Pepaya muda memiliki banyak khasiat jadi ada baiknya jika dikonsumsi sehari-hari. Selamat mencoba.