Resep Manisan Pepaya Kering, Nikmat!

Gambar Manisan Pepaya Kering
Buah pepaya banyak digemari dan populer dijadikan buah meja alias pencuci mulut. Buah dengan rasa segar dan tekstur lembut saat matang ini mudah didapatkan di mana-mana. Keberandaannya juga cukup melimpah mengingat budidaya pepaya memang dalam skala yang besar. Sayangnya, buah pepaya cenderung mudah busuk jika tidak disimpan dalam suhu yang tepat. Hal ini tentu mnejadi kendala tersendiri. Mencermati hal tersebut, untuk menghidari kerugian dan meningkatkan nilai jual pepaya, banyak yang sudah memulai bisnis manisan pepaya kering. Cara membuat makanan yang satu ini cukup mudah, Anda pun bisa mempraktekkannya dari dapur Anda. Berikut resepnya.

Siapkan Bahan Yang Diperlukan

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat manisan pepaya kering antara lain:
  • Buah pepaya. Pilih yang mengkal atau setengah matang. Takarannya sebanyak 10 kiogram.
  • Gula pasir sebanyak 5 kilogram
  • Kapur sirih sebanyak 300 gram
  • Natroum benzoat secukupnya.
  • Garam sebanyak 15 gram.
  • Air bersih atau matang secukupnya.

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering


  1. Pertama siapkan pepaya, kupas dan pisahkan biji dari daging. Selanjutnya potong sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Siapkan larutan berupa campuran air sebanyak 150 liter dengan 300 gram kapur sirih. Kemudian setelah siap, masukkan potongan pepaya mengkal ke dalam larutan tersebut. Diamkan selaam kurang lebih 35 menit. Angkat pada saat tekstur potongan pepaya menjadi lebih keras.
  3. Setelah diangkat, potongan pepaya dicuci sampai berish untuk menghilangkan campuran rasa kapur sirih.
  4. Setelah bersih sempurna, potongan buah pepaya direbus dalam air mendidih. Kurang lebih 5 menit. Angkat dan tiriskan.
  5. Setelah itu, siapkan larutan gula. Perbandingannya 1 kilogram gula dicampurdengan 1 liter air. Setelah larutan tercampur, masukkan natrium benzoat dan didihkan larutan. Setelah mendidih, masukkan potongan pepaya mengkal ke dalamnya. Tunggu hingga 1 sampai 1 setengah jam. Setelah itu matikan api.
  6. Langkah selanjutnya adalah pengeringan. Proses ini dilakukan di bawah sinar matahari dengan durasi 3 hari. Jika Anda punya alat pengering, waktu bisa dipangkas dan disetting ke angka 60 derajat celcius. Setelah kering, keluarkan.
  7. Tahapa akhir adalah pengemasan. Baiknya simpan manisan pepaya kering di dalam kantong atau kemasan lain yang kedap udara agar lebih awet. Mudah kan? Selamat mencoba!