Wajib Tahu : Kegunaan Daun Pepaya!

Kegunaan Daun Pepaya
Siapa yang tak mengenal buah pepaya? rasa manisnya yang khas mampu mengusir dahaga serta menyegarkan tubuh. Selain itu, buah pepaya juga dikenal ampuh melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, membunuh bakteri penyebab kanker usus dan juga mencegah penyakit sembelit menghampiri. Meski tanaman pepaya banyak dikenal karena buahnya yang segar dan nikmat. Tapi tak dapat dipungkiri, bagian lain tanaman ini juga memiliki segudang manfaat yang wajib Anda ketahui. Bagian seperti daun dan juga bunga pepaya sudah dimanfaatkan nenek moyang kita sejak dahulu kala. Jauh sebelum lingkup ilmiah menyajikan alasan pembenarnya. Daun pepaya secara ilmiah mengandung beberapa enzim antara lain papain, enzim Khimoprotein, dan enzim Lisozim. Salah satu enzim ini diketahui sangat ampuh memecah protein dan sering digunakan untuk melunakkan daging. Selain untuk melunakkan, kegunaan daun pepaya masih beragam dan wajib Anda ketahui. Berikut uraiannya.

Mengusir Jerawat Hingga Menambah Nafsu Makan

Kegunaan daun pepaya cukup beragam. Komponen tanaman pepaya ini ampuh mengobati dari luar maupun dari dalam. Jika dikonsumsi secara benar dan teratur, daun pepaya mampu menambah nafsu makan. Cara mengkonsumsinya bisa dengan diurap atau sekedar lalapan. Sementara dari luar, daun pepaya dikenal ampuh mengusir jerawat bandel di wajah. Caranya cukup keringkan daun pepaya dan tumbuk. Selanjutnya, tambahkan air dan saring. Ambil ampasnya dan balurkan pada wajah sebagai masker. Lakukan rutin.

Melunakkan Daging Dan Menyulap Tumit Menjadi Halus



Sebagai wanita, Anda pasti merasa risih jika tumit Anda percah-pecah. Bukan hanya menghadirkan ketidaknyamanan, terkadang tumit pecah-pecah tersebut terasa perih dan mengganggu Aktifitas. Meski di luar sana sudah Anda banyak produk yang ditujukan mengatasi hal ini, tapi tak ada salahnya mempercayakan tumit pecah Anda pada daun pepaya. Memang telah lama diketahui bahwa salah satu kegunaan daun pepaya khususnya komponen getahnya, sangat ampuh mengobati tumit pecah. Caranya mudah, cukup ambol getah pada daun pepaya dan balurkan pada tumit yang hendak diobati.

Selain mengusir tumit pecah, daun pepaya juga sangat berguna untuk membantu melembutkan daging yang alot. Caranya cukup sederhana, cukup rebus daging tersebut (bisa sapi, kambing, ayam atau bebek) dengan menambahkan beberapa helai daun pepaya. Niscaya, daging Anda akan lebih cepat lunak ketimbang dimasak tanpa daun pepaya.

Masih ada beragam kegunaan daun pepaya bagi kita. Jadi jangan remehkan keberadaannya. Selain untuk kesehatan, daun pepaya juga berguna di kehidupan sehari-hari. Jika ditanam di depan pekarangan, daun pepaya akan membantu meneduhkan pekarangan dan juga menghalau debu. Jadi, siapa bilang yang bermanfaat hanya buah pepaya saja?