Manfaat Biji Pepaya

Manfaat Biji Pepaya
Buah pepaya populer karena daging buahnya yang segar dan nikmat. Buah tropis yang satu ini keberadaannya juga cukup melimpah sehingga harga per biji cukup murah. Buah pepaya digolongkan ke dalam buah meja karena banyak disantap sehabis makan besar. Tahukah Anda bahwa sesungguhnya, semua bagian tanaman pepaya memiliki manfaat. Tak hanya buahnya saja melainkan bagian lain seperti akar, daun, bunga, kulit buah bahkan biji pepaya. Khusus untuk biji pepaya, sering kali hanya dibuang dan dijadikan bibit bagi para petani. Padahal potensi pengobatannya cukup baik terutama bagi mereka yang ingin membersihkan racun dari dalam tubuh. Mengingat manfaat biji pepaya ini, rasanya sayang jika kita hanya menjadikannya limbah buangan.

Detox Hingga Penghitam Rambut

Berdasarkan uji klinis, ditemukan fakta bahwa biji pepaya membantu mengeluarkan racun khususnya di ginjal dan juga racun di hati. Selain itu, manfaat biji pepaya juga cukup signifikan untuk membantu pencernaan manusia. Manfaat biji pepaya lainnya, baru-baru ini ditemukan oleh peneliti muda dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa konsumsi jus buah pepaya secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah dan meningkatkan kadar HDL. Manfaat ini terkait dengan kandungan saponin dalam biji pepaya yang memang bekerja seperti resin yakni dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu.


Selain efek farmakologis terhadap kesehatan manusia, biji buah pepaya juga memiliki manfaat yakni sebagai penghitam rambut secara alamiah dan tentu murah. Caranya cukup mudah, sangrai biji pepaya hingga kering. Setelah itu tumbuk biji yang telah disangrai tadi dan kemudian tumbuh hingga halus. Selanjutnya, saat hendak dipakai, bubuk biji pepaya tersebut ditambahkan seidkit air hingga menyerupai adonan pasta. Kemudian aplikasikan ke rambut sambil dipijat perlahan. Diamkan sampai 30 menit atau sampai pasta biji pepaya mengering di rambut. Kemudian bilas hingga benar-benar bersih. Manfaat biji pepaya sebagai penghitam rambut bisa terlihat nyata setelah 6 kali pemakaian. Agar maksimal, lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu. Selamat mencoba ya!