Manfaat Getah Pepaya

Manfaat Getah Pepaya
Pepaya atau yang dalam bahasa Latin dikenal dengan nama Carica Papaya L, memiliki segudang manfaat. Tidak heran jika buah yang satu ini sangat populer. Pepaya, berdasarkan uji klinis, memang potensial dijadikan alternatif pemeliharaan kesehatan dengan harga minim. Istimewanya, tak hanya daging buah-nya saja yang berkhasiat. Sebab, ternyata bagian tanaman pepaya lainnya juga tak kalah. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah getah pepaya. Warna getah pepaya putih layaknya susu. Teksturnya juga sedikit kental. Maanfaat getah pepaya ini sangat terkait dengan kandungan papainnya yang tinggi.

Mengenal Getah Pepaya

Papain pada pepaya sering disebut dengan nama enzim pepaya. Zat ini lazim digunakan untuk merangsang sistem pencernaan secara alamiah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ilmuan di Pittsburgh Medical Center University, diketahui bahwa ekstrak getah pepaya yang dikeringkan dan kemudian dijadikan bubuk, sangat ampuh untuk membantu tubuh mencerna beberapa zat tertentu terutama protein dan juga mengobati beberapa masalah pencernaan. Papain ini juga diketahui memiliki efek modulasi terhadap sistem kekebalan tubuh. Ia juga memiliki sifat anti-kanker dan juga anti-tumor. Lengkap!

Jika diurai, kandungan getah pepaya sesungguhnya tak hanya papain. Sebagai enzim pemecah protein, papain ini bekerja dengan enzim lain yakni kimopapain. Selain itu, getah pepaya juga mengandung lebih dari 50 jenis asam antara lain asam treonin, asam glutamat, asam prolin, asal glisin, asam lysin, asam aspartat, asam serin, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam dunia kuliner, getah pepaya sering digunakan untuk melunakkan daging. Dalam industri farmasi, papain juga sering dijadikan tablet untuk mengobati masalah perut termasuk cacingan, obat pengendali imflamasi dan oedema. Papain juga terkenal sebagai pelarut gelatin dan juga bahan pembersih lensa. Manfaat getah pepaya dalam dunia kecantikan juga sangat beragam. Getah pepaya sering dijadikan krim untuk wajah karena mampu mengelupas kulit mati yang tak bisa hilang secara alamiah. Selain kosmetik, getah pepaya juga dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pasta gigi sebab efek pengelupasannya mampu membuat gigi lebih bersih terutama dari karang gigi.

Mengusir Scar Dengan Getah Pepaya

Manfaat getah pepaya yang paling banyak diminati adalah kemampuannya mengikis bekas luka jerawat atau scar. Anda juga sesungguhnya tak perlu berburu kosmetik berbahan utama getah pepaya sebab khasiatnya juga bisa diperoleh dengan cara alamiah atau aplikasi getah pepaya secara langsung. Caranya sangat sederhana, ambil getah pepaya (bisa dari daun, batang atau buah) dan campurkan dengan parutan jagung muda. Setelah itu apliksikan pada wajah dan biarkan mengering. Setelah itu bersihkan. Lakukan perawatan ini setiap hari sampai hasil terlihat. Bagi Anda yang berkulit sensitif, berhati-hati saat menggunakan getah pepaya sebab sifat korosifnya bagi sebagian orang cukup mengganggu. Selamat mencoba!