Kandungan Buah Pepaya

Kandungan Buah Pepaya
Carica papaya L atau yang lebih populer dikenal dengan nama Pepaya, merupakan buah tropis yang kabarnya berasal dari Amerika Utara dan juga Selatan. Buah dengan warna cerah ceria ini banyak dijadikan "buah meja" sebab rasanya yang khas memang pas sebagai penyegar mulut selepas bersantap. Istimewanya, buah yang satu ini tak hanya nikmat di lidah tetapi juga sangat ramah di tubuh. Pepaya diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan manusia khususnya yang berkaitan dengan pencernaan. Pepaya merupakan sumber serat alami yang bisa melindungi kita dari sembelit. Selain itu pepaya juga dikenal bisa membuat kulit lebih bersih dan indah. Semua manfaat pepaya ini disebabkan oleh senyawa penyusunnya yang kompleks. Kandungan buah pepaya tersebut bekerja secara alamiah dalam tubuh.


Pepaya Dalam Kerangka Ilmiah


Pada tahun 1992, lembaga penelitian The Center For Science in the Public Interest atau CSPI yang berlokasi kota Washington DC Amerika Serikat, mengadakan penelitian intensif terhadap 40 jenis buah-buahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguak sejauh mana peranan buah tersebut dalam mengoptimalkan kesehatan manusia. Para peneliti CSPI menekankan pada kandungan senyawa yang ada di dalam semua buah tersebut. Dan, berdasarkan penelusuran ilmiah, dari semua buah-buah yang diteliti, diketemukan fakta bahwa kandungan buah pepaya sangat lengkap dan paling menyehatkan. Hal ini menggembirakan banyak orang sebab jika dibandingkan dengan buah lainnya, pepaya termasuk buah yang melimpah dan mudah didapatkan. Selain itu, harganya sangat terjangkau. Hasil penelitian CSPI ini menguatkan posisi pepaya sebagai alternatif kesehatan yang murah.

Jika diurai, kandungan buah pepaya antara lain Betacryptoxanthin dengan jumlah 761 mikrogram per 100 gram, betakaroten sebanyak 276 mikrogram per 100 gram, asam folat sebanyak 38 mikrogram per 100 gram, lutein dan zeaxanthin sebanyak 75 mikrogram per 100 gram dan serat fiber alami sebanyak 1,8 gram per 100 gram-nya. Selain senyawa tersebut, pepaya matang juga dikenal mengandung berbagai vitamin antara lain vitamin A yang berkisar di angka 1.094-18.250 SI per gramnya, serta vitamin C dengan jumlah 62-78 mg per 100 gram. Selain itu, pepaya juga mengandung sejumlah mineral antara lain potasium, protein, zat besi atau Fe, fosfor, zinc, magnesium, selenium dan masih banyak lagi lainnya.

Konsumsi Buah Pepaya


Buah pepaya paling populer dikonsumsi sebagai buah meja sebab cukup nikmat meski tidak diolah terlebih dahulu. Pepaya matang sangat segar dan mengandung jumlah serat yang tinggi. Konsumsi pepaya akan membantu memelihara kesehatan pencernaan, memenuhi kebutuhan vitamin dan masih banyak lagi lainnya. Pepaya juga diketahui mampu mengikat racun penyebab kanker di usus perut, memperbaiki jaringan kulit, mereduksi kolesterol dan lain-lain. Kandungan buah pepaya yang kompleks ini tentu merupakan poin plus. Jadi tak ada salahnya memasukkan buah segar ini ke dalam daftar buah konsumsi harian Anda. Terlebih harganya yang murah tidak akan membuat kantong Anda bolong. Salam sehat!