Mengenal Manfaat Batang Pepaya

Manfaat Batang Pepaya
Tanaman pepaya cukup mudah dijumpai di Indonesia. Buah yang satu ini memang tumbuh subur di wilayah tropis. Karena itu, wajar jika keberadannya melimpah. Pepaya digolongkan sebagai tanaman multi guna sebab hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan. Sebut saja buah, daun, biji dan juga getah. Lantas bagaimana dengan bagian batang pohon pepaya? Apa Anda sudah tahu manfaat batang pepaya ini juga ternyata beragam. Sayangnya, oleh karena informasi yang kurang, batang pepaya lebih sering berakhir sebagai libah semata. Padahal ia sangat baik digunakan sebagai pupuk organik dan bahkan bahan pembuatan makanan!


Pupuk Organik

Saat pohon pepaya sudah tua, biasanya akan ditebang dan ditumpuk hingga membusuk. Tumpukan batang pepaya ini biasanya hanya dianggurkan. Padahal, manfaat batang pepaya yang telah busuk tersebut cukup baik bagi kesehatan tanah. Batang pepaya bisa dijadikan pupuk organik yang murah dan juga berkualitas. Kandungan senyawa yang ada pada batang pepaya membuat pupuk organik dari pembusukannya ampuh menyehatkan tanah.

Berdasarkan penelitian, batang pepaya mengandung sejumlah senyawa penting antara lain papain, papayachin, papayotin, protein, enzim proteolitik, tannin, glikosida kaporsit, sejumlah vitamin, alkaloida dan masih banyak lagi lainnya. Selain mampu menyehatkan tanah jika dimanfaatkan sebagai pupuk organik, batang pepaya ini juga ternyata mampu menyehatkan tubuh mereka yang gemar mengkonsumsinya. Tapi tunggu dulu, bagaimana cara mengkonsumsi batang pepaya? Caranya ya diolah terlebih dahulu.

Dodol Dari Batang Pepaya

Salah satu manfaat batang pepaya yang mungkin belum Anda ketahui adalah sebagai bahan baku pembuatan dodol. Inovasi ini ditemukan oleh mahasiwa peneliti. Kabarnya, rasa dodol batang pepaya ini sangat nikmat. Selain itu, cara membuatnya pun cukup mudah. Anda tertarik? Siapkan alat dan bahan sebagai berikut:
  1. Wajan, kompor, sutil tua, panci, mesing penggiling, pisau, dan juga kalin yang akan digunakan untuk memeras sari dari batang pepaya tersebut.
  2. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah: batang pepaya yang telah matang, kelapa tua, vanili dan gula merah secukupnya.
Adapun cara membuat dodol batang pepaya ini sebagai berikut:
  1. Potonglah buah pepaya tepat di bagian tengahnya.
  2. Setelah itu, bersihkan kulitnya dan cuci berkali-kali hingga bersih sempurna.
  3. Selanjutnya, rebus batang pepaya tersebut. Tujuannya untuk menghilangkan senyawa alkaloid yang menjadi sumber rasa pahitnya.
  4. Langkah selanjutnya adalah menghaluskan buah kelapa untuk diambil santannya. Gunakan kain untuk memeras agar sari santan benar-benar keluar.
  5. Selanjutnya, batang pepaya yang tadi direbus dihaluskan. Setelah itu, peraslah batang pepaya yang tadi dihaluskan sehingga diperoleh airnya.
  6. Berikutnya, panaskan wajan dan masukkan air perasan dari batang pepaya. Tambahkan santan juga gula merah dan vanili. Aduk terus menerus hingga mengental.
  7. Jika telah membentuk adonan lengket, angkat wajan dan dinginkan.
  8. Selanjutnya dodol bisa dikemas dan dinikmati.
Manfaat batang pepaya ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang hendak memulai bisnis kuliner unik. Selamat mencoba ya!